Enid Blyton


Tahu Enid Blyton ? Enid Blyton adalah salah satu pengarang buku favoritku. Aku suka sekali baca kisah petualangan Lima Sekawan ( Five Famaous ) karya Enid.

Enid Blyton (1897-1968) dijuluki sebagai Ratu Tukang Cerita. Pengarang cerita anak paling produktif ini telah menulis sekitar 700 buku selama hidupnya. Beberapa hasil karyanya telah diterjemahkan ke dalam 129 bahasa. Namanya dicantumkan dalam daftar UNESCO 1975 sebagai pengarang wanita kedua di dunia yang bukunya paling banyak diterjemahkan.

Enid Blyton lahir 11 Agustus 1897 di Lordship Lane 354, London, Inggris dari pasangan Thomas Carey Blyton (1870-1920) dan Theresa Mary Harrison Blyton (1874-1950). Ia tumbuh bukan dari keluarganya yang utuh. Ayahnya pergi setelah bertengkar hebat dengan ibunya, meninggalkan ia dan dua adiknya (Hanly - 1899-1983 dan Carey - 1902-1976). Tidak seperti kebanyakan anak lainnya, Enid tidak membenci ayahnya sekali dan bahkan memuja. Ia bahkan menyalahkan ibu atas kepergian sang ayah. Perasaan tersebut dibawanya hingga ia beranjak dewasa dengan mengatakan bahwa ibunya sudah meninggal dan tidak mengakui adik-adiknya. Walaupun, menurut Hanly, penyebab ayahnya pergi karena ayahnya selingkuh.

Sejak kecil, Bylton telah menunjukkan kepiawaiannya dalam menulis. Kelak membuat Bylton terkenal, sejak ia berjuang keras memasukkan karya tulisnya ke sejumlah penerbit. Ya, penerbit zaman dulu tidak sebanyak sekarang, apalagi self publishing. Ketika sebuah penerbit menerima karya Blyton, bertemulah ia dengan jodohnya bernama Mayor Hugh Pollock. Dan dikaruniai dua putri, Gillian Gillian Mary Baverstock (15 Juli 1931-24 Juni 2007) dan Imogen Mary Smallwood (lahir 27 Oktober 1935).

Dalam survei yang diadakan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Eropa, 80% anak-anak memilihnya sebagai pengarang favorit mereka. Enid Blyton yang lahir di Dulwich London, gemar membaca sejak kecil. Pada usia 18 tahun ia telah banyak menerbitkan puisi dan cerita pendeknya, namun bakat istimewanya sebagai pengarang cerita anak baru tampak setelah ia menjadi guru. Tahun 1922,buku pertamanya Child Whispers diterbitkan


Selain Lima Sekawan (five famous) salah satu karakter Blyton yang paling dikenal adalah Noddy (seorang anak keci terbuat dari kayu yang tinggal di rumah kecilnya di Toyland), yang ditujukan untuk pembaca kisah anak-anak. Karya-karya novel utamanya diperuntukkan bagi anak-anak, di mana anak-anak memiliki petualangan mereka sendiri dengan bantuan orang dewasa minimal, melibatkan cerita tentang petualangan, fantasi, kadang-kadang melibatkan sihir. Seri novel-novelnya tersebut meliputi Famous Five (21 novel, 1942-1963,tentang empat anak dan anjing mereka), Five Find-Outers and Dog, (15 novel, 1943–1961, di mana lima anak-anak berulang kali memperdaya polisi setempat) serta The Secret Seven (15 novel, 1949-1963, tujuh anak yang memecahkan berbagai misteri). Hasil produksi sastra Blyton diperkirakan mencapai 800 buku selama 40 tahun dan telah diterjemahkan ke dalam hampir 90 bahasa.

Kisah kehidupan Blyton berubah menjadi sebuah film yang ditayangkan BBC pada tahun 2009 dengan Helena Bonham Carter sebagai pemeran utama. Syuting dimulai pada Maret 2009 dan pertama kali disiarkan oleh BBC Four di Inggris pada tanggal 16 November 2009.

Enid Blyton meninggal pada usia 81 tahun.Walaupun kini telah tiada, ia meninggalkan kenangan manis bagi seluruh anak di dunia, berupa buku-bukunya yang telah ditulisnya.



( sumber : bukabuku.com , m.merdeka.com, hobijadul.com & ceritaanakecil )





Komentar

  1. Ini salah satu pengarang favorit aq. Waktu SD suka bgt baca Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu dan lainnya lupa... He...he...he...
    Sampai sekarang masih suka juga, biar pun udah bukan anak2 lagi.
    Salam kenal, Mbak Enny

    BalasHapus
  2. hai mb dian salam kenal jg..aku jg sukaa bgt karya nid terutama lima sekawan :)

    BalasHapus
  3. aku juga suka enyd blyton. pernah mbeliin adikku koleksi enyd, tapi nggak tahu pada ilang ke mana. kyknya musti cari juga nih buat kak abiq n dik atha hehe ... salam kenal yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka banget lima sekawannya enid blyton..salam kenal yaa mb isma :)

      Hapus
  4. Wah... banyak yang ku tak tau... salam kenal buat penulis artikel ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai bunda rafi trimakasih kunjungannya :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ginan Koesmayadi & Rumah Cemara

Tukul Arwana

Kisah Ibu Sri Sumarwati (Ketua Umum Forum Komunikasi PKBM Indonesia, mengumpulkan anak-anak jalanan)